Setiap tanggal 22 Desember, kita selalu merayakan “HARI IBU” di negeri kita tercinta. Meskipun sebenarnya di setiap waktu kita selalu bisa mengungkapkan rasa sayang kita kepada ibunda tercinta, tetapi selalu saja setiap bulan Desember  ada hal yang khusus kita persembahkan untuk ibunda tercinta. Tidak harus dalam bentuk materi, tetapi cukup sekedar ucapan “terimakasih” baik itu secara langsung maupun lewat telephon kepada beliau, sudah sangat membuat ibunda kita tercinta terharu bahagia…

white teddywhite teddy 

Sebaliknya, tak ada “HARI AYAH” di negeri kita tercinta. Sementara di negara-negara Eropa dan Amerika ada “FATHER’s DAY” yang dirayakan pada bulan Juni…

Meskipun tidak ada hari khusus untuk AYAH di negeri kita, buatku “AYAH” adalah sosok yang sangat memberi ARTI ISTIMEWA dalam hidupku.

Apalagi setiap menjelang akhir tahun, lebih tepatnya menjelang tahun baru masehi.

Mungkin bagi banyak orang, tahun baru masehi sangatlah berarti dan selalu ditunggu-tunggu untuk mengisinya dengan banyak kegiatan yang berkesan. PESTA ataupun perjalanan liburan, dan tak jarang selalu ada jeda 1 minggu khusus untuk mengawali tahun baru masehi.

Tappii bagiku, bukan tahun baru masehinya yang berarti, tetapi TEPAT di tanggal 1 JANUARI-nya yang SANGAT BERARTI buatku khususnya dan seluruh keluargaku tercinta. Karena, di tanggal 1 Januari tersebut adalah HARI ISTIMEWA bagi ayahku tercinta. Tak pernah sekalipun kulewatkan pagi hari di tanggal 1 Januari itu untuk tidak mengucapkan HARAPAN DOA untuk ayahku tercinta. Meskipun tak ada hari ayah, tappiii bagiku 1 JANUARI adalah HARI AYAH untuk kami sekeluarga….🙂

Meskipun berada jauuh di negeri sakura, tak membuatku menjadi terlambat untuk mengucapkan DOA buat beliau… Selalu jadi yang PERTAMA dan PERTAMA🙂

Dan selalu akhirnya membuatku menjadi TERHARU dan menitikkan airmata saat mendengar suara beliau ataupun melihat wajah beliau meskipun melalui sebuah layar 14 inchi di notebook-ku… Setiap kali aku menelfonnya atau beliau menelfonku, selalu beliau ingatkan untuk menjaga kesehatan, pola makan, sholat lima waktu dan menyempatkan u/ mengaji. Masih kuingat kata-katanya bahwa meskipun jauuh dari keluarga, jauuh di negeri sakura, tetapi beliau selalu mengingatkan JANGAN PERNAH jauuh dari Yang Maha Kuasa. Karena hanya Dia-lah yang akan selalu menjaga, mengingatkan dan membantu kita saat menjalani hari-hari kita di dunia.

Bagiku, ayahku adalah tipe seorang pria yang SANGAT HEBAT. Seorang pria yang SANGAT PENYAYANG dan tidak pernah membedakan antara anak laki-laki dan anak perempuan. Semua dianggap mempunyai HAK yang SAMA. Meskipun perempuan, tetap diperbolehkan mengikuti aktivitas apapun asalkan aktivitas tersebut memberikan manfaat dan nilai positif. Dan…. ayahku adalah seorang PRIA yang SETIA dan selalu PENUH CINTA kepada ibuku tersayang.

Teringat masa-masa kecilku, bagaimana beliau selalu menyempatkan waktunya di hari minggu untuk mengajakku berenang. Dengan penuh kesabaran dan kasih sayang selalu mengantar dan menjemputku untuk bimbingan belajar disaat aku duduk di bangku SMP & SMA. Dan ayahku adalah GURU bagiku, beliau-lah yang mengajariku mengaji, berenang,mengendarai motor dan mengajariku menyetir mobil.

Menurut ayahku, meskipun anak perempuan, tetap HARUS menguasai banyak hal supaya menjadi seorang perempuan yang MANDIRI.

MANDIRI dalam batas-batas tertentu. Dalam artian,  tetap harus mengingat kodrat sebagai seorang PEREMPUAN.

Masih kuingat keluhan seorang temanku, yang mengeluh betapa ada pembedaan antara anak perempuan dan anak laki-laki dalam keluarganya oleh ayahnya. Ayahnya lebih mengutamakan kakak laki-lakinya daripada seorang anak perempuan yang menurut pola pikirnya TIDAK TERLALU BERHARGA. Seorang anak perempuan tidak perlu bersekolah terlalu tinggi, karena nantinya akan menjadi pendamping seorang PRIA. Seorang PEREMPUAN tidak perlu bisa menyetir mobil, cukup bisa naik motor saja sudah bagus. Temanku sering mengatakan bahwa aku beruntung memiliki seorang ayah seperti ayahku …🙂

Yaah, apapun itu sejujurnya aku memang BERUNTUNG dan BERSYUKUR mempunyai seorang ayah yang hebat di mataku🙂..

Meskipun tidak ada HARI AYAH, tetapi 1 JANUARI adalah HARI AYAH bagiku…Selalu berdoa agar ayahku diberikan kesehatan yang sempurna, keimanan yang terus menerus bertambah, kebaikan dan kebahagiaan di setiap hari-harinya….

Berharap kita semua BANGGA terhadap AYAH kita masing-masing, terlepas siapa dan bagaimanapun ayah kita. Karena TANPA AYAH, kita tidak akan pernah terlahir di dunia ini….

Dedicated to My lovely father…
By: imma.w.a.
Sakura-ku, Saitama-shi, Japan
*Salam sejuk dari negeri sakura….