Peran Humas Pada Rumah Sakit

“Peran Humas Pada Rumah Sakit”
Dalam pelayanan Rumah Sakit 24 jam setiap hari non stop untuk semua pelayan darurat dan non darurat dan instansi rawat jalan memberikan pelayanan spesialistik yang baik untuik diperuntukkan baik pasien baru maupun pasien lama, baik umum peserta askes maupun pasien terdapat jaminan pada perusahaan namun salah satu masalah yang sering timbul di rumah sakit adalah akibat komunikasi yang kurang efektif baik antara dokter dan pasien. Terkadang mengalami ketidak pengertian dalam menjelaskan atau menagani seorang pasien, Sehingga terjadi kesalah fahaman. Pada saat seperti inilah peran humas pada rumah sakit sangat penting untuk menciptakan peluang strategis dalam upaya mensosialisasikan hak dan kewajiban pasien serta hak dan kewajiban dokter-dokter dalam penyelenggaraan praktik kedokteran yang baik sesuai amanah. Karena Public Relations memainkan peran utama dalam membantu mengomunikasikan uang, waktu dan sumber daya lainya.
Jasa pelayanan kesehatan rumah sakit dewasa ini sudah mengalami perubahan yang mendasar dan merupakan sebuah badan usaha yang mempunyai banyak unit bisnis strategis. Kegiatan utama pelayanan rumah sakit adalah penyelenggaraan jasa pelayanan medik, yang mencakup proses medik sampai menghasilkan income. Hal inilah yang nantinya akan dinilai oleh pasien sebagai citra dari rumah sakit tersebut. Misalnya, Instalasi rawat inap, Instalansi laboratorium, Instalasi gawat darurat, Rehabilitas medik, Radiologi, Gizi, dan Pemulasaran jenazah. Peran rumah sakit sebagai industri jasa merupakan bentuk upaya pelayana kesehatan yang bersifat sosio ekonomi yaitu suatu usaha yang bersifat sosial namun diusahakan agar bisa memperoleh surplus dengan cara pengelolahan yang secara benar dan profesional dalam bekerja.
Peran humas pada rumah sakit diharapkan ikut mensosialisasikan, hal itu bertujuan
1. Agar dapat mengetahui hak dan kewajiban pasien serta hak lainya
2. Agar dapat mengetahui hak dan kewajiban Suster dan dokter-dokter lainya
3. Dapat mengaplikasikan kewajibannya dan memperhatikan hak pasien dalam pelaksanaan praktik rumah sakit.
4. Untuk menciptakan peluang strategis dalam upaya mensosialisasikan program-program yang di buat
Dengan demikian tidak terjadi masalah yang bisa menurunkan citra rumah sakit. Secara umum jika membahas citra rumah sakit kadang membuat perbedaan mengenai hal itu citra rumah sakit itu sendiri di mata masyarakat menemui banyak komentar. Beberapa Riset membuktikan 78 responden itu menunjukkan, secara umum rumah sakit di Indonesia dirasakan bersifat komersial dan tidak layak. Di sisi lain, Suasana, Kebersihan dan Kenyamanan kurang diperhatikan, Ada dokter yang tidak memberi penjelasan yang cukup kepada pasien berakibat pada pasien yang kurang puas dalam menagani, Ada juga dokter yang terlalu banyak pasien sehingga dalam memeriksa pasien dengan cepat dan tidak akurat, Perawat tidak memberikan layanan yang baik dengan memperlihatkan muka (judes, acuh, cuek, sombong, tidak sopan), Antara dokter dinilai saling melindungi antara teman sepekerja pada kasus yang dinilai merugikan pasien.
Beberapa contoh kasus lainya :
1. RS Siloam Gleaneagles (Tanggerang) dilaporkan ke polisi oleh Ade Irma Effendy (37), Dr.Antonius, dokter ahli kandungan Rumah sakit, di laporkan terkait dengan dugaan mal praktek yang dilakukan rumah sakit itu. Karena Pasien (Ade) mengalami keguguran setelah ditangani dan diberi obat oleh pihak rumah sakit. Ade menduga, RS Siloam melakukan mal praktek.
2. Kasus prita yang sama juga terkait tentang ada dugaan mal praktek namun pihak dari Manajemen Humas RS OMNI, Jika dari awal Kasus ini tidak Diblow Up Maka Citra OMNI Tidak Akan Terpuruk Seperti Ini dari Segi Bisnis Sangat Tidak Menguntungkan OMNI justru balik melaporkan bukan memberikan klarifikasi yang benar.
Dalam hal ini Peran humas rumah sakit kurang baik dan tidak mendukung dalam layanan masyarakat di anggap tidak peduli antar sesama. Sebaliknya, justru Citra rumah sakit di luar negeri lebih baik. Seperti dalam memeberikan diagnosa dokter lebih akurat, suasana rumah sakit nyaman, modern, bersih, indah, penataan ruang rapi dan tidak berkesan rumah sakit. Hal ini Dokter dinilai lebih komunikatif, sedangkan perawat ramah dan sopan dalam melayani pasien. Untuk itu dalam menangani perbaikan dan meningkatkan citra rumah sakit lebih bagus lagi, peran humas disarankan melakukan fungsi strategi yang lebih mengedepankan pelayanan dari fungsi rumah sakit yang sebenarnya, yaitu menilai sikap dan persepsi dari setiap kelompok masyarakat terhadap rumah sakit untuk memahami aspirasi dan harapan mereka selama mendapatkan pelayanan. Selanjutnya humas merencanakan dan melaksanakan suatu program-program dan aksi komunikasi untuk mendapatkan pengertian, penerimaan, minat dan dukungan dari seluruh kelompok masyarakat.
Kita harus tahu sebelumnya Humas adalah penghubung antara manajemen dan konsumennya. Saling membutuhkan ketrampilan Humas untuk membina hubungan di antara keduanya. Salah satunya adalah membuka jalan komunikasi. Adapun tugas seorang public relations adalah dalam menciptakan hubungan yang baik dengan komunitas tentu saja dilakukan dengan konsep komunikasi melalui berbagai jalur-jalur tertentu yang dinilai paling efektif. Konsep komunikasi tersebut tentu saja memberikan titik tolak pada kegiatan-kegiatan (action oriented) yaitu kegiatan yang dilakukan oleh lembaga, dalam hal ini tentu praktisi humas, sebagai pelaksanaanya yang bersifat partisipatif. Dengan partisipasi itu, maka keuntungan yang di peroleh bukan hanya pada organisasi atau lembaga saja tetapi juga pada lingkungan sekitarnya yang ikut berdampak baik dalam khalayak umum.
Menghadapi khlayak umum terkadang juga gampang-gampang sulit masyarakat ketika terjadi kasus-kasus sosial yang timbul akibat kurang lancarnya jalur komunikasi sehingga saling memberi pengertian antara pihak yang terkait dan tidak memahami. Hal ini membutuhkan dukungan kreatifitas dan kemampuan manajemen komunikasi yang baik namun seorang public relations juga harus bisa mengatasi masalah dan mengerti setidaknya apa yang menjadi khalayak umum inginkan ketika kerumah sakit menghadapi keluhan. Kalau kita sudah bisa mengerti dan memberi sedikit perhatian terhadap pasien kita.
Dengan sendiri pasien itu akan datang lagi karena sudah percaya dengan pelayanan yang di sediakan di rumah sakit sangat baik itu sebabnya. Humas rumah sakit harus mampu membuat hubungan harmonis antara rumah sakit dengan pasien serta mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya. Petugas humas harus mampu mengubah hal-hal yang berpotensi menjadi rintangan psikologis menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan. harus mampu menjalin komunikasi kepada semua pegawai di instansinya agar tercapai iklim organisasi yang mendukung peningkatan kompetensi organisasi.
Maka kesimpulan yaitu peran humas rumah sakit yang terpenting di mata pasien adalah dalam upaya menyelesaikan dan menangani keluhan pasien. Dalam menindak lanjuti kekecewaan yang di buat rumah sakit dan ketidak puasan atau keluhan pasien, sebaiknya tidak dengan cara defensif, melainkan menunjukkan upaya dan berusaha memperbaiki pelayanan. Kepuasan pasien terhadap respons yang diberikan rumah sakit akan sangat menentukan persepsi pasien terhadap rumah sakit serta citra rumah sakit di mata masyarakat akan menjadi baik. Semoga dengan adanya beberapa kasus di rumah sakit tidak menjadikan momok menekutkan pada setiap orang untuk sekedar analisa kesehatan karena harapan untuk masa depan adalah kesehatan yang lebih panjang patutlah kita juga harus berhati-hati dan mawas diri.
Referensi :
http://www.jobcareervacancy.info/view/kasus-humas-rs
Public Relations profesi dan praktikum, penerbit salemba humanika
http://rosda.co.id/index.php?info=resensi&resensi=36&page1=3&perpage1=10
HUMAS, MEMBANGUN CITRA DENGAN KOMUNIKASI, FRAZIER MOORE, H., PHD.
http://ugm.academia.edu/AchmedSukendro/Books/134207/Basic Hospital Public Relations Dasar-dasa Humas RumahSakit
Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Oleh A.W. Widjaja, penerbit bumi aksara

Mickey Mouse, Tikus Paling Populer di Dunia

Sumber: www.AnneAhira.com

Mickey Mouse adalah karakter terkenal dari Walt Disney. Saat ini Mickey Mouse telah menjadi simbol universal pada abad ke-21.

Kelahiran Mickey Mouse

Mickey Mouse lahir dari sketsa sederhana Walt Disney. Awalnya, Mickey Mouse diberi nama Mortimer Mouse. Namun, istri Walt Disney tidak setuju dan memberinya nama Mickey Mouse.

Sketsa pertama Mickey Mouse menggunakan lingkaran untuk kepala, tubuh, dan telinganya. Pada 1939, Mickey Mouse mengalami perubahan bentuk. Tubuhnya lebih berbentuk seperti buah pir dan pupil ditambahkan pada matanya untuk menambah ekspresi wajah.

Animator menambahkan efek tiga dimensi pada telinganya pada 1940. Bentuk Mickey Mouse saat ini masih sama dengan yang terakhir, hanya saja kostumnya berubah.

Penampilan Perdana

Mickey Mouse pertama kali muncul pada film kartun hitam putih Steamboat Willy pada 18 November 1928. Film ini merupakan film kartun pertama yang sudah memiliki suara. Pemirsa menyukai film tersebut hingga akhirnya Mickey Mouse menjadi bintang dalam 120 film. Pada 1935, Mickey Mouse tampil dalam film kartun berwarna. Saat itulah film Mickey Mouse durasi penuh ditayangkan.

Memasuki 1937, Studio Disney memroduksi 12 film pendek Mickey Mouse. Walt Disney sendiri yang mengisi suara Mickey Mouse. Dalam film-film tersebut, Mickey menjadi bintang sepakbola, pemburu, penjahit, dan konduktor orkestra.

Ia secara tidak sengaja menyemprot dirinya sendiri dengan insektisida, menolong Pluto dari penangkap anjing, menabrakkan mobil ke peternakan, menjadi tentara, dan memperebutkan Minnie dari laki-laki nakal.

Tidak seperti Donald Duck yang selalu membantah dan bermasalah, kedekatan Mickey dengan anak-anak mengharuskan dia memiliki moral yang baik.

Hingga 1946, Walt Disney mengisi suara Mickey Mouse. Kemudian, Jim MacDonald menggantikannya selama 30 tahun berikutnya. Wayne Allwine menjadi pengisi suara Mickey Mouse hingga kini. Pada 1950, Mickey Mouse juga memiliki pertunjukan televisi sendiri bernama “Klub Mickey Mouse”. Selain itu, ia juga tampil dalam komik strip di koran dan sebuah taman khusus dibangun untuknya.

Mickey Mouse Kini

Disney mengklaim bahwa anak-anak usia 3 hingga 11 tahun di seluruh dunia mengenal Mickey Mouse. Mickey tampil kembali sebagai cameo dalam film Who Framed Roger Rabbit pada 1988. Ia juga tampil pada salah satu episode Sex and The City di mana Sarah Jessica Parker mengenakan kaos bergambar Mickey. Pada  2002, Mickey muncul dalam game PlayStation 2 berjudul Kingdom Hearts. Mickey memiliki bentuk tiga dimensi penuh pada 2006.

Saat ini, Mickey Mouse merupakan karakter yang dikenal di seluruh dunia. Mickey Mouse adalah petugas penyambut resmi di Disneyland dan taman Walt Disney World.

Ia dicintai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Mickey Mouse tampil dalam jutaan jenis merchandise di seluruh dunia. Kini, Anda dapat melihatnya di Disney Channel setiap pagi dalam acara “Mickey Mouse Clubhouse”. Sasaran pemirsanya adalah anak-anak usia 2 hingga 6 tahun. Anda juga dapat pergi ke Disney Land untuk langsung bersalaman dengannya.

 

 

 

 

 

Masalah Hidup adalah Masalah Kebudayaan

Sumber: www.AnneAhira.com

Kebudayaan adalah hasil kreasi manusia untuk menjadikan kehidupan lebih baik. Setiap bangsa mempunyai macam kebudayaan yang berbeda. Hal ini karena pola kehidupan mereka yang berbeda. Masalah kebudayaan memang seringkali menjadi bahan perbincangan hangat. Bahkan, tidak jarang masalah kebudayaan ini memanas hanya karena perbedaan apresiasi dan persepsi atas kebudayaan yang ada.

Kebudayaan itu bersifat spesifik sebab aspek ini menggambarkan pola kehidupan. Setiap bangsa pola kehidupannya berbeda. Jangankan antar bangsa, antar masyarakat di negeri yang sama saja seringkali terjadi perbedaan mengenai kebudayaan ini.

Oleh karena itulah, masalah kebudayaan dijadikan sebagai salah satu tonggak keberhasilan hidup masyarakat sebuah lingkungan. Masyarakat yang tingkat kebudayaannya tinggi, pasti kehidupan masyarakatnya tertata bagus.

Dalam kehidupan ini, setiap proses interaksi antar personal dilakukan dengan tingkat friksi yang tinggi. Tingkat friksi ini kadangkala menyebabkan  benturan yang jika tidak didasari budaya tinggi, maka dapat menyebabkan kekacauan dan kerusakan.

Sudah banyak contoh dalam kehidupan Anda dimana masalah kebudayaan telah menjadi pemicu dan pemacu benturan antar personil masyarakat. Dan, pada akhirnya yang mengalami kerugian adalah masyarakat juga.

Menjadikan Masalah Kebudayaan Sebagai Akar Kebersamaan

Memang kondisi kehidupan masyarakat sangatlah beragam. Hal ini sangat tergantung pada tingkat kemampuan personal masyarakat dalam memahami setiap kejadian yang ada dalam kehidupannya. Dengan kondisi tersebut, maka masalah kebudayaan yang berbeda seharusnya bukan dianggap sebagai sebuah perbedaan, melainkan sebagai keberagaman pola kehidupan.

Anda hidup dari sebuah perbedaan. Dan, perbedaan itulah itu merupakan variasi atas kehidupan yang dinamis. Setiap saat selalu ada hal baru yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan. Anda tidak dapat mengelak dari kondisi tersebut sebab Anda adalah bagian integral dalam kehidupan ini. Masalah kebudayaan adalah masalah kehidupan, jadi tidak mungkin Anda yang hidup mengelak dari tuntutan hidup.

Jika Anda menjadikan setiap budaya yang ada sebagai sebuah keberagaman, maka yakinlah bahwa masalah kebudayaan yang setiap saat memicu kekacauan di negeri ini sangat tidak proporsional. Mengapa perbedaan pola hidup, pola pikir, dan pola-pola lain yang merupakan akar kebudayaan tersebut menjadi pokok permasalahan?

Tentunya hal tersebut kembali kepada tingkat kemampuan apresiasi dan persepsi personal terhadap setiap hasil kreasi manusia. Bahwa, jika tingkat apresiasi dan persepsi tinggi, kehidupan masyarakat tenang, walaupun masyarakat tersebut heterogen.

Seharusnya, perbedaan kebudayaan yang ada di masyarakat dijadikan sebagai pemicu untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berkebudayaan masyarakat. Hal ini sangat penting sebab isu masalah kebudayaan seringkali mampu menghancurkan tatanan yang sudah ada. Dan, Anda tidak ingin kecolongan oleh kondisi yang sama untuk setiap saatnya.

Oleh karena itulah, maka ke depannya, masalah kebudayaan seharusnya justru dijadikan sebagai akar kebersamaan dalam kehidupan global. Hal ini karena dalam kehidupan global segala hal dan kondisi hidup secara berdampingan. Jika tidak ada rasa kebersamaan, maka sekecil apapun masalah yang terjadi dapat menyebabkan penghacuran massal.

Kita Sudah Lelah Dengan Pertentangan

Ya. Anda memang sudah lelah dengan segala pertentangan yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan . Karena Anda sangat menyadari bahwa sebenarnya setiap kejadian, seharusnya tidak perlu terjadi. Hanya karena kesalahan dalam mengapresiasi dan mempersepsi masalah kebudayaan, selanjutnya menjadikan Anda sebagai kuda tunggangan kemarahan. Sungguh sangat tidak proporsional.

Bumi ini sudah tua, begitu juga dengan bangsa ini. Seharusnya, semakin tua Anda, maka pola pikir semakin bagus dan tenang. Seharusnya Anda lebih menyadari bahwa hidup berdampingan dengan orang lain memang sangat rentan atas persengketaan atau sekadar friksi antar personal. Jika memang terjadi friksi, maka seharusnya hal tersebut bukan dibudayakan sebagai masalah kebudayaan. Biarkan hal tersebut menjadi persoalan antar pribadi dan diselesaikan secara pribadi pula.

Sudah lelah Anda menghadapi masalah kebudayaan yang salah seperti ini. Terlalu banyak masalah yang timbul dari sesuatu yang sesungguhnya bukan masalah. Bagaimana Anda dapat mengatakan ini sebuah masalah jika sebenarnya yang dijadikan atau dianggap adalah masalah kebudayaan. Padahal Anda mengetahui bahwa kebudayaan itu universal.

Tidak ada batasan yang mampu mengekang kebudayaan. Kebudayaan itu tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan kehidupan masyarakat. Harusnya masyarakat mampu mengadaptasikan diri sehingga secara  perlahan kebudayaan menjadi bagian integral dirinya.

Seharusnya, ke depan Anda berpikir panjang dan mengedepankan kebersamaan sehingga masalah kebudayaan tidak perlu dijadikan sebagai pemicu kejadian yang tidak perlu. Anda harus belajar bersama-sama atas perbedaan yang dijadikan keberagaman.

Jika keberagaman dapat diwujudkan, maka Anda dapat menjadikan kehidupan masyarakat dengan keberagaman budaya anak bangsa. Dan, kedepannya masyarakat Anda akan solid tak terpecahkan oleh isu apapun, termasuk masalah kebudayaan.

Ta’hRuS DenGaNmUe

Sifatmu yang membuat q muak dan benci kau seperti itu, aku tak kan mudah lemah begitu saja didepan mu,
ingat kau bukan capa dan aku jua bukan capa, kita sama manusia biasa tapi aku tak kan meletakan hatiq pada sebarang orang tapi aku akan meletakkn hati ini kepada seseorang yang nyaman yang ku anggap musuh, tak mudah tuk aku kalahkan, pemarah tapi sebenanya gak, ke2h, cuek dengan diemnya tapi peduli bgt…
Seseorang seperti itu langka jadi aku suka yang dilihat orang biasa tapi sebernarnya seperti itu sangat seru kata2 itu yang aku ucapkan ketika taruhan.
Dari semua cow banyak yang aku kenal cz selama nih sahabat2ku cow cmua, jadi taw seperti apa, tapi jangan berfikir negatif tentang Q, ibaratkan berkawan sebanyaknya tapi jgn pernah mencari musuh.
aku yang apa adanya ternyata banyak yang tertarik, katanya sifatq yang periang dan tak dibuat2 tu lah yang ku dengar dari para sahabat….
namun q yang tak mudah faaling luv ea q tak merespon bukan cz apa dan capa,,,,
cz q g maw tapi ktika q inginkan rasa itu q ingin bukan cz terpaksa tapi q maw dari hatique.
dari pada menyakiti belakangan mendingan jujur jadi no problem misi dilanjutkan…
Ini berawal dari sebuah gurauan, kejailan, keegoisan, kebencian, kemarahan, tak ada saling mengalah, capa yang cepat dia yang kuat,,, gak ada rukun ataw kebersamaanya, sampai-sampai temen sekelas dan guru2 pun sudah hafal kalau kita di dekat kan pasti rame dan jail berunjung pertengkaran…
Q masih ingat qt pernah di hukum bareng cz rame di kelas, kerja kelompok, semua serba bareng aku gak taw nih di sengaja ataw tidak tapi hari2 selalu seperti tuh pkokna stiap ada acara ataw apalah so pasti ada q sama dia, tapi entah napa hari2 yang menurutq menyebalkan tenyata merindukan,,,,
Ktika dia pergi beberapa minggu tak ada kabar dan hanya surat keterangan pergi yang tertera di meja guru, dan q tak ingin cari taw masah bodoh namun dari situlah teman2 mengoda dengan kenakalannya,,,
Yang katanya??…
” uda mulai suka tuh, pertengkaran yang gak jelas, kejailanmu, gurauan, ledekanmu ke aku, marah yang gak seharusnya, tingkah laku yang iseng, semuanya deh Q kangEn Qmoe”
Sering beberapa hari tuh terlontar dari temen2…tapi aku tak menghiraukan, walaupun aku sadar beberapa hari tuh benar2 ngrasa ane…rasanya ada yang hilang tapi aku gak taw pah.

Lah dari situ sdikit yang kurasa mulai ngrasakan cnta monyet waktu akhir kelas 6, Q benar2 sayang bgt dan aku baru taw dia jua punya perasaan yang sama, yang lebih gilanya selama ini dia sengaja selalu membuat q jengkel, marah, ngejailin aku terus dia melakukanya cz dia uda sayang q duluan dan hanya ingin dekat sama aku gt aja dia bilang..
Parah kali ini aku kalah…tapi saat itu q gak langsung, aku hanya bilang butuh waktu yang tepat,,,,dia menunggu sampai qt sm2 masuk SMP baru lah q menerimanya…
Q membiarkan mu menunggu cz q ingin taw seberapa pentingnya aku untuk mu, q masih mempertahankan rasaku cz aku masih ingin taw tentang kamu.

Rasanya sudah lama denganmu tentang kenakalanmu, senyum chubuynya yang malu-malu kucing hehehe….., cowq yang aneh pkoknya persis yang aku bilang asyik dan bener didalam hatinya tersimpan rasa sayang yang begitu dalam sampai deket ma sahabat2 cow aja dia jelezz,,,
meskipun banyak masalah dari aku dan dia sendiri tapi Qt tetap bertahan…
terkadang susah juga sifat seperti tuh, sedangkan q sendiri orangnya cuek, nyantaaii aja tapi tuh ea resikox….

Ehmmm…q taw q bukan orang yang sempurna, q uda brusaha mngerti&mahami bagaimana yang akan q lakukan, tapi lagi-lagi salah, kaw berubah jadi sesosok yang tak ku kenal…marah g jelas, senyum mu penuh keangkuhan, menyebalkan, hilang sudah rasa periang tuh.
beh… q muak dengan cmua…

Apa gara-gara tempat dan jarak sekolah kita yang berbeda, tak adanya waktu tuk bertemu, begitu banyaknya kegiatan yang lantas membuat komunikasi kita jadi kurang, q sayang qm tapi kenapa kaw jadi kayak gitu, kaw gak pernah percaya aq lagi…curiga dan curiga….
Uhfff….Q capex, q penat melihatmu,,,
tak pernah ada penjelasan darimu…hanya wajah penuh murung dan diam yang tersirat.. .
suatu ktika pah yang pernah terlintas dalam hatiq terjadi juga, Q berhenti berharap dan Qt cukup sampai disini.
Saat tuh juga aku tak mendengar kabar bahkan seperti pah kaw sekarang q tak taw,,

Masa SMP pun berakhir mencintai selama dan selama q belum bisa menghilangkan rasaku, q tak kan menghadirkan seseorang di hidupku…cz masih ada sahabat yang selalu ada,…
cukup satu, saat ini q ingin berkawan saja tak maw ada rasa tuh lagi,,,
gak maw menyakiti dan di sakiti,,,,
Lupakan….Lupakan……..
agar Q tak terpuruk buang rasa kecewa, yakini cmua org berbeda,,,
berlarilah dan rasakan kebahagiaan yang lain menunggu.

Tapi ketika q mulai masuk SMA q bertemu dengan sesorang dan sifat yang sama,,,,
sejenak q teringat seseorang yang dl pernah ada di kehidupanku,
cow nih membuat q teringat lg, Q di cuekin,,,nyebelinn pooll…., ngeselin,,,ada orang gak di anggap.
akhirnya q sama temen2 buat taruhan
capa yang cepet yah dia yang berhasil
yang q taw smua pada nyerah waktu kita ngumpul2
tak ada respon dan hanya buat capek ja
sebenarnya pada waktu tuh aku jua ingin mengakhiri seperti temen2 kalo q tak maw lagi
bukan berarti takut tapi aku hanya tak ingin mengenal sesosok tuh meskipun secara fisik beda tapi karakter sama…
target nih sama dari jauh kelihatan pendiem tapi sok gak butuh…benar2 menarik untuk taruhan.semoga aku tak terjebak sendiri oleh rasa itu.
Senyum itu masih terlihat jelas
Wajah itu masih ada dalam fikiran
Keangkuhan selalu mengingatmu
Aku terjebak dalam diamnya
Kalah dalam permainanku
Tapi kenyataanya berbeda
Raga dan hidupmu, Tlah benar2 hilang
Dari hadapanku
Seseorang yang begitu menyebalkan
Tlah berhasil membuatku
Jatuh hati
Sekarang dan sampai kapan q bisa lupakanmu,
Agar q tak kecewa tuk kedua kalinya dan Tak ingin menemui rasa tuh lagi.

Awal tahun q mendengar kabarmu kembali sekian lama menghilang, yang semula q ingin melupakanmu tapi seakan q tak percaya.apa kau datang memberi q kesempatan ataukah memberi kenangan saja….
Dua minggu berlalu denganmu, meskipun didunia yang sama tapi jarak yang jauh bagiku sulit rasanya semua itu q lewati dengan penuh yakin kalau q bisa menatap dan menyentuhmu. Selama q masih bisa denganmu tak masalah yang terpenting q mengenal lebih dekat, cz kamu orangnya super cuek,ngeselin,ngejutekin,nyebelin tapi ngaggenin banget heheheee…………..eeeee.
pertanyaanya? kok bisa sih q suka kamu….
dasar aneh….
Beberapa terakhir q baru sadar bahwa q salah menilaimu,,,
Ya q juga gak salah sih setiap orang yang belum mengenalmu pasti bilangnya negative mulu….tp
100% kamu rame banget and selalu saja bercanda gak kehabisan kata2 orang ngelez mulu kalau ngbrol hahaha,,,,,
Gitu aja kok repot hehehee…………………………
Po0ll gokil…..gorilla kecil hahahaa…………………..
Satu kalimat,,,
Q gak mau Qm pergi tetaplah disini bersama tawaq, obati rasa kangen dengan candam0e,,,,!!!!!!!

Baru saja bilang seperti itu,,,
Ternyata kau datang hanya sekejap member aku kebahagiaan, sebulan berlalu kau pun tak ada kabar lagi seakan aku kehilangan arah tak taw yang harus ku lakuakan,

Entah perasaan seperti apa, yang aku tau kecewa cz kau pergi tanpa mengatakan sesuatu yang indah malah sebaliknya kata menyakitkan yang tak ingin ku dengar terucaplah sudah dari mulutmu.
mungkin bercampur kesedihan aku harus benar2 melupakanmu. mungkin aku yang menginginkanmu ada disini yang maw menerima ku apa adanya, tapi kau berkata lain aku bukan capa2 untukmu semakin q dekat semakin kurasa kau menjauh firasatq mengatakan benar kau hanya datang cz q yang memintak bukan dari kesadaranmu.

Tuhan maha kuasa memberikan aku keikhlasan yang penuh untuk melepaskanmu.Selamat tinggal cintaku………!semoga tetesan ini tak kan jatuh lagi terlalu banyak ku luapkan emosi demi menguras air mata kelegaan………..

Dulu aku mencintaimu,,,,dulu aku menyayangimu….dulu kau segalanya bagiku,
tapi aku tak ingin larut hanya untuk mengapai sesuatu yang jauh.

Karena aku punya tuhan yang selalu ada di hatiku dan aku juga tak harus denganmu.

taK tErLupaKan

2009 berlalu 2010 telah dimulai,
bangkit dan lakukan yang terbaik.
Just for you
Q melihat tanpa kau meminta Q melihatmu
Mungkin apa yang aku fikirkan belum pernah terlintas dalam benakku
Ini hanya sebuah tiba-tiba yang tanpa sengaja membuat Q memikirkanmu
Yang aku tahu aku merasa suka tentang kamu
Ingatanku melayang seakan rasa ingin tahu tentang kamu,
Q ingin mengenalmu lebih dekat,apapun yang terjadi
meskipun butuh waktu yang lama
rasa ini datang dengan sendiri bukan aku yang meminta
q tak kan kecewa rasa ini sebagai anugerah yang penuh duka cita
Tanpa sadar Kau memberikan arti penantian yang tertunda
Q pun putuskan untuk menunggu walaupun tak kunjung jua
Kau yang berbeda untuk q pilih
Maka itu semampu akan aku lakukan yg terbaik untukmu
Agar kau tak kecewa
Karena
Rasa ini sulit untuk q lupakan sampai kapanpun ini yang pertama
Satu pintaku sebuah kesempatan
Q bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku
Meski kau tak cinta Beri sedikit waktu untukku
biyar cinta ini datang Karena sesuatu yang terbiasa………….

saNg terLanTaR

Keringat terkuras terlihat nenek moyang,
Berangkat pagi dari rumah, pulang petang
Penghasilan pas-pasan
Negara yang di kenal dengan SDA
Tak dapat di nikmati, sang pemilik
Buruh tani dan kaum pinggiran kota, meringinggis….

Oh…..para dewa yang di atas sana
Ragamu tak dapat melakukan ucapanmu
perkataan yang manis yang bermakna munafik
Yang kami dengar dan rasakan
Negara ini lebih kejam dari pada sionisme
Pemerintahanmu tak jauh dari
Pemerintahanmu..
kau tertawa di atas penderitaan saudaramu sendiri.

oleh : Kaum pinGgirAn

,,,B4hAsA K@LbUe…

PeRcaKapAn 4 LiLiN

Ada 4 lilin yang menyala,

Sedikit demi sedikit habis meleleh.

Suasana begitu sunyi sehingga terdengarlah percakapan mereka.

Yang pertama berkata:

“Aku adalah Damai

Namun manusia tak mampu menjagaku: maka lebih baik aku mematikan diriku saja!”

Demikianlah sedikit demi sedikit sang lilin padam.

Yang kedua berkata:

“ Aku adalah Iman

Sayang aku tak berguna lagi.

Manusia tak mau mengenalku,

Untuk itulah tak ada gunanya aku tetap menyala.”

Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya.

Dengan sedih giliran Lilin ketiga bicara:

“ Aku adalah Cinta

Tak mampu lagi aku untuk tetap menyala.

Manusia tidak lagi memandang dan mengganggapku berguna.

Mereka saling membenci, bahkan membenci mereka yang mencintainya, membenci keluarganya.”

Tanpa menunggu waktu lama, maka matilah Lilin ketiga.

Tanpa terduga…

Seorang anak saat itu masuk ke dalam kamar, dan melihat ketiga Lilin telah padam.

Karena takut akan kegelapan itu, ia berkata:

“ Ekh apa yang terjadi?! Kalian harus tetap menyala, Aku takut akan kegelapan!”

Lalu ia mengangis tersedu-sedu.

Lalu dengan terharu Lilin keempat berkata:

“Jangan takut, Janganlah menangis, selama aku masih ada dan menyala, kita tetap dapat selalu menyalakan ketiga Lilin lainnya. Akulah HARAPAN”

Dengan mata bersinar, sang anak mengambil Lilin Harapan, lalu menyalakan kembali ketiga Lilin lainnya.

Apa yang tidak pernah mati hanyalah HARAPAN yang ada dalam hati kita….

…dan masing-masing kita semoga dapat menjadi alat, seperti sang anak tersebut, yang dalam situasi apapun mampu menghidupkan kembali Iman, Damai, Cinta dengan HARAPAN-nya!!!

Oleh: neozam